PRESENTASE E-LEARNING


E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.

E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).

Quipper School

Adapun media yang kami gunakan quipper school,berikut ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai e-lerning yang kami gunakan.



Quipper School adalah sebuah platform online GRATIS untuk guru dan siswa. Quipper School terdiri dari dua bagian: LINK untuk guru, dan LEARN untuk siswa.

Quipper School Link adalah tempat dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. Di bawah ini adalah hal-hal menakjubkan yang dapat dilakukan guru saat menggunakan Quipper School Link:
  • Mengirim tugas dan ujian - Manfaatkan ribuan materi dan soal yang sesuai dengan kurikulum, untuk dijadikan tugas bagi seluruh siswa Anda di kelas atau beberapa grup siswa. Dimana quis, tugas dan ujian dilakukan dengan otomatis baik dengan menggunakan soal dari e-learning maupun soal yang telah dibuat sendiri oleh guru. Soal dapat berupa pilhan ganda atau essay. Setelah siswa menjawab soal secara otomatis pula jawaban akan langsung terkirim ke guru dan guru dapat melakukan evaluasi terhadap pengerjaan soal yang dilakukan siswa.



  • Membuat konten edukasi - Jika ada yang kurang atau hilang, guru dapat mengubah konten yang sudah tersedia atau membuat materi dan soal baru dari awal.




  • Melihat dan mengunduh analisa - Perkembangan siswa tersambung secara langsung antara LEARN dan LINK, sehingga guru dapat mengakses pusat informasi mengenai tingkat pengerjaan, pencapaian, kekuatan dan kelemahan siswa.



  • Bekerja sendiri atau bersama-sama - LINK didesain sehingga memudahkan guru untuk mengelola kelasnya sendiri, atau berkolaborasi dengan dua guru atau lebih, pada kelas atau sekolah yang sama.
  • Memungkinkan terjadinya diskusi antara guru dengan satu siswa atu antara guru dengan seluruh siswa melalu pesan dan pengumuman.


  • Memungkinkan guru untuk melihat kehadiran siswa melalui aktivitas siswa d e-learning.
Quipper School Learn adalah tempat dimana siswa belajar. Platform ini dipenuhi dengan fitur yang membuat belajar selalu terasa aman dan menyenangkan:
  • Tugas (Otomatis) dan pembelajaran umum - Siswa dapat mengerjakan topik tertentu yang dianjurkan oleh guru, atau belajar materi apapun dari kurikulum secara mandiri.
  • Fitur pesan - Siswa dan guru dapat terus berkomunikasi menggunakan layanan pesan kami, yang memudahkan siswa untuk mengemukakan soal atau topik tertentu yang mereka rasa sulit dan perlu pendampingan. selain itu pada fitur pesan terdapat fitur pengumuman dimana dengan adanya fitur ini memungkinkan pula terjadi diskusi dengan seluruh anggota yang berada di kelas.
  • Fitur seperti games - LEARN memberikan hadiah kepada siswa berupa koin yang dapat ditukarkan dengan tema, sehingga siswa dapat menyesuaikan lingkunan belajar yang mereka inginkan. Siswa juga dapat melihat bagaimana proses teman sekelasnya pada tampilan Kronologi.










Komentar

  1. jelaskan mengenai kekurangan dari e-learning yang anda gunakan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. elearning yang saya gunakan tidak memiliki kekurangan apapun karena sudah dimodifikasi sebaik mungkin. namun dalam menggunakan elearning ini terdapat kendala yaitu pihak yang membuat elearning ini harus terikat dengan sekolah yang resmi, jika tidak maka tidak dapat membuat akun elearning ini.

      Hapus
  2. Quipper School Link adalah tempat dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. nah , apakah e-learning ini guru dan siswa bisa sharing tanpa ada batasan bahwa hanya guru yang bertanya dan siswa yang menjawab ? jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa, melalaui quipper school dapat terjadi komunikasi/diskusi baik antara guru dengan siswa melalui pesan pribadi atau guru dengan kelompok siswa melalui pesan grup.

      Hapus
  3. Bagaimana menarik minat siswa agar mau menggunakan aplikasi media pembelajaran ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya yaitu dengan mendaftarkan siswa kedalam kelas yang kita miliki dan memberikan tugas-tugas melalui game, dimana setiap menyelesaikan tugas dengan benar maka siswa akan mendapatkan poin dan poin ini dapat digunakan siswa untuk endapatkan soal baru sehingga siswa dapat terus tertantang dan tertarik untuk menggunakan quipper school

      Hapus
  4. apa yang harus ditambahkan untuk memperbaiki e-learning ini? sehingga dapat lebih baik jika diterapkan dalam pembelajaran kimia

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya tidak ada yang perlu ditambahkan lagi, karena apa yang dibutuhkan oleh guru dan siswa di elearning ini sdh tersedia

      Hapus


  5. Bagaimana cara kita melihat keaktifan siswa dalam e-learning yang kalain buat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara melihat keaktifan siswa adalah dari diskusi kelas yang dilakukan. apabila siswa aktif dalam diskusi kelas dengan bertanya atau memberikan jawaban maka dapat dikatakan siswa tersebu merupakan siswa yang aktif. selain itu dapat juga dilihat dari keaktifan siswa dengan bertanya melalui forum diskusi personal kepada guruny langsung.

      Hapus
    2. selain itu guru juga dapat melihat keaktifan siswa melalui kolom aktivitas siswa seperti gambar yang telah disajikan di atas

      Hapus
  6. Apa saja kekurangan dan kelebihan jika e-learning kita terapkan dalam pembelajaran kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya setiap elearning sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu tergantung bagaimana kebuthan dalam pembelajaran. berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya:
      Kelebihan e-learning
      Menyadari bahwa melalui internet dapat ditemukan berbagai informasi yang dapat diakses secara mudah, kapan saja dan dimana saja, maka pemanfaatan internet menjadi suatu kebutuhan. Bukan itu saja, pengguna internet bisa berkomunikasi dengan pihak lain dengan cara yang sangat mudah melalui teknik e-moderating yang tersedia di internet (Triluqman, 2007).

      Dari berbagai pengalaman dan juga dari berbagai informasi yang tersedia di literatur, memberikan petunjuk tentang manfaat penggunaan internet, khususnya dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh, kelebihan e-learning antara lain dapat disebutkan sebagai berikut (Triluqman, 2007):

      Tersedianya fasilitas e-moderating dimana pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
      Pendidik dan peserta didik dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang tersruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.
      Peserta didik dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan dimana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.
      Bila peserta didik memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.
      Baik pendidik maupun peserta didik dapat melaksanakan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
      Berubahnya peran peserta didik dari yang biasanya pasif menjadi aktif.
      Relatif lebih efisien. Misalnya bagi yang mereka tinggal jauh dari perguruan tinggi atau sekolah konvensional, bagi mereka yang sibuk bekerja, bagi mereka yang bertugas di kapal, di luar negeri, dan sebagainya.




      Kekurangan e-learning
      Walaupun demikian pemanfaatan internet untuk pembelajaran atau e-learning juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan antara lain dapat disebutkan sebagai berikut (Triluqman, 2007):

      Kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik bahkan antar-peserta didik itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar-mengajar.
      Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis.
      Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
      Berubahnya peran pendidik dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional.
      Peserta didik yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
      Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
      Kurangnya penguasaan komputer.

      Hapus
  7. Bagaimanakah anda menilai keaktifan dan kepahaman siswa terhadap materi yang anda berikan berdasarkan e-learning yang anda kembangkan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan cara Mengirim tugas dan ujian - Manfaatkan ribuan materi dan soal yang sesuai dengan kurikulum, untuk dijadikan tugas bagi seluruh siswa Anda di kelas atau beberapa grup siswa. Dimana quis, tugas dan ujian dilakukan dengan otomatis baik dengan menggunakan soal dari e-learning maupun soal yang telah dibuat sendiri oleh guru. Soal dapat berupa pilhan ganda atau essay. namun seorang guru juga dapat membuat sendiri tugas dan quis. Setelah siswa menjawab soal secara otomatis pula jawaban akan langsung terkirim ke guru dan guru dapat melakukan evaluasi terhadap pengerjaan soal yang dilakukan siswa. berdasarkan hasil evaluasi tersebut guru dapat menilai pemahaman siswa terdapat materi yang telah dijelaskan.
      kemudian untuk melihat keaktifan siswa dapat dilihat melalui kolom aktivitas siswa. yg sudah ditampilkan gambarnya di atas

      Hapus
  8. Apa yang mendasari anda memilih media tersebut serta apa faktor yang menyebabkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alasan saya memilih media tersebut karena media ini menyediakan quipper school link dan quipper school learn yang mudah untuk digunakan. jika ingin masuk dan membuat kelas seorang guru hanya harus membuat akun atau mendaftarkan akun tanpa harus repot-repon mendesain media. Quipper School Link adalah tempat dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. Quipper School Learn adalah tempat dimana siswa belajar. Platform ini dipenuhi dengan fitur yang membuat belajar selalu terasa aman dan menyenangkan

      Hapus
  9. Bagaimana anda mengontrol keaktifan siswa dengan menggunakan media ini?
    Apa yang akan anda lakukan jika ada siswa yang tidak dapat aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengontrol keefektifan siswa melalui media ini yaitu dengan cara memantau siswa melalui kolom aktivitas siswa dan selalu membuka suatu percakapan atau diskusi mengenai suatu materi.

      Hapus
    2. jika siswa tidak aktif maka yang saya lakukan adalah mengajak siswa tersebut untuk mengikuti diskusi yang sedang berlangsung secara personal melalui kolom pesan

      Hapus

Posting Komentar