Perkembangan
teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan
kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan pekembangan ini telah
mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi,
yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual, dan
elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu
diantaranya melalui jaringan internet.
Salah
satu bidang yang mendapat dampak yang cukup berarti dengan
perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada
dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi
dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi
pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber
informasi, media sebagai sarana penyedian ide, gagasan dan materi
pendidikan serta peserta didik itu sendiri (Oetomo dan Priyogutomo,
2004).
Media
pembelajaran adalah salah satu unsur yang memegang peranan penting
dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sebagai salah satu sumber
belajar dapat membantu guru memperkaya wawasan siswa. Berbagai bentuk
dan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru akan menjadi
sumber ilmu pengetahuan bagi siswa.
Pemakaian
media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan
keinginan dan minat yang baru, dan rangsangan kegiatan belajar dan
bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan
media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat
membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi
pelajaran.
Semakin
sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah
mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat
dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Metamorfosis dari
perpustakaan yang menekankan pada penyediaan meda cetak, menjadi
penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi-sensori dari
beragamnya kemampuan individu untuk menyerap informasi, menjadikan
pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas.Selain
itu,dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan
teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka
pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan
memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas.
Berikut ini adalah salah satu bentuk media pembelajaran hasil pengembangan yang kami buat, dimana kami menggunakan bantuan youtube yang dapat dilihat pada laman:
https://www.youtube.com/watch?v=J0jK9tgKCyg&feature=youtu.be
mengenai video yang anda lakukan apakah reaksi kimia yang terjadi adalah reaksi reversibel ?
BalasHapustidak, karena hasil reaksi yang terbentuk tidak dapat kembali lagi menjadi zat-zat pereaksinya
HapusBagaimanakah cara anda sebagai guru dalam menanggulangi jika ada siswa yang keliru dalam menangkap konsep pelajaran dari media yang anda gunakan?
BalasHapussaya akan menjelaskan ulang materi tersebut dengan jalan lain sampai tidak terjadi kekeliruan lagi dan berusaha memperbaiki media yang saya gunakan agar tidak terjadi kekeliruan yang sama kedepannya
Hapusterimakasih atas jawabannya, jadi apabila terjadi kekeliruan maka anda akan berusaha memperbaiki media yang anda gunakan agar tidak terjadi kekeliruan yang sama kedepannya, jadi kalau demikian bisa dikatakan bahwa media yang anda gunakan belum efektifkah, atau bagaimana? serta pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa, bisakah anda jelaskan mengenai hal tersebut terkait dengan media yang anda gunakan?
Hapuskekeliruan bukan hanya terjadi karena faktor media melainkan dapat pula terjadi karena guru yang kurang terampil dalam menerapkan media tersebut. tergantung kepada penyebab kekeliruannya, jika media yang digunakan menyebabkan kekeliruan karena media tersebut kurang baik tentu saya akan memperbaiki media tersebut. JIKA terdapat kekeliruan dikarenakan media yang digunakan tentu saja dapat dikatakan media yang saya gunakan belum efektif.
Hapuskemudian untuk pertanyaan yang terakhir berikut ini akan saya paparkan kaitan media yang digunakan dengan psikologis siswa.
Setiap siswa mempunyai kecenderungan untuk selalu berintegrasi dengan sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Apabila sesuatu itu memberikan rasa senang, bahagia, dan bermanfaat kepada dirinya, kemungkinan ia akan mudah merespon terhadap sesuatu itu.
Dalam hal ini, media yang disampaikan guru merupakan suatu karakteristik efektif yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar, sehingga dapat dilihat langsung hasilnya antara yang memberikan respon positif dan negative terhadap apa yang disampaikan oleh guru.
Hamalik mengungkapkan bahwa penggunaan media pendidikan dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pendidikan juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, mengajukan data yag menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memudahkan informasi.
Menurut anda apakah media yang anda gunakan sudah efektif? Apakah masih terdapat kekurangan? Coba sebutkan!
BalasHapusmenurut saya media yang saya gunakan sudah efektif karena dapat menyajikan dan menjelaskan materi ciri-ciri reaksi kimia dengan tuntas dengan berbantuan media ini.
HapusAdakah kelemahan serta kelebihan dari media yang anda gunakan
BalasHapuskelebihannya yaitu materi mengenai ciri-ciri reaksi kimia terealisasikan dengan baik karena dengan 1 media tersebut semua ciri-ciri reaksi kimia sudah terdapat di dalamnya. untuk kekurangan menurut saya tidak ada.
Hapusapa yang melatarbelakangi anda memilih percobaan diatas untuk diterapkan pada siswa?
BalasHapussaya memilih percobaan tersebut karena percobaan tersebut dapat menerangkan semua ciri-ciri yang terjadi selama reaksi kimia terjadi. selain itu saya melakukan percobaan dan mendemokannya karena kebanyakan siswa lebih mudah paham dengan melihat atau melakukan secara langsung
HapusAdakah faktor yg mempengaruhi dalam penggunaan media tersebut? Jelaskan!
BalasHapusada, yaitu:
Hapus(1) kompetensi dasar yang ingin dicapai, (2) karakteristik siswa, (3) jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio dan visual), keadaan latar atau lingkungan, dan gerak atau diam, (4) ketersediaan sumber di sekolah, (5) tingkat kemudaan media digunakan, (6) kepraktisan dan ketahanan media, (7) kemampuan dan ketrampilan guru dalam menggunakan , dan (8) efektifitas biaya dalam jangka waktu panjang.
Bagaimana cara kita seorang guru membuat media atau alat peraga yang dapat menarik daya minat siswa dalam proses pembelajaran
BalasHapusBagaimana cara kita mengefektifkan pembelajaran dengan alat peraga akan materi pelajaran tersebut dapat sampai ke siswa?
BalasHapusapakah media yang anda gunakan dapat digunakan di berbagai sekolahan?
BalasHapustentu, karena media tersebut sudah dapat dikatakan media yang baik. ciri-ciri reaksi kimia sudah dapat dijelaskan semuanya melalui media tersebut tinggal tergantung kepada cara penjelasan guru yang menggunakannya
HapusMengapa anda memilih media tersebut dan bagaimana dengan siswa yang kurang ahli dalam mengakses internet
BalasHapuskarena media ini dapat menunjukkan keseluruhan ciri-ciri reaksi kimia, sehingga media ini tepat jika digunakan sebagai media pembelajaran dalam menjelaskan reaksi kimia.
Hapusmedia ini dapat secara langsung guru tampilkan di dalam kelas menggunakan infokus. sehingga tidak perlu akses internet